Our social:

Thursday, November 3, 2011

Ulasan Mengenai Popularitas The Kmers dan Spartacks

Ada catatan-catatan menarik seputar the kmers dan spartacks menurut fbc. Seperti kita kitahui keduanya merupakan suporter Semen Padang FC. The Kmers merupakan suporter yang berada langsung dibawah manajemen semen padang fc, the kmers lebih dahulu dibentuk. Sementara spartacks merupakan suporter independen (mandiri) yang baru berdiri sekitar setahun yang lalu.

Kedua kelompok suporter ini tampak aktif disepanjang pertandingan mereka, terutama yang dapat fbc amati pada laga yang disiarkan langsung oleh Antv.

Namun ada perbedaan mendasar dari kedua kelompok ini. Walaupun the kmers lebih dahulu ada dan langsung berada dalam manajemen semen padang, namun spartacks yang lebih familiar terdengar. Padahal spartacks merupakan suporter yang baru.

Apa yang menyebabkan spartacks bisa menjadi lebih populer? Mungkin inilah kelebihan soporter independen, mereka harus membangun organisasi mereka sendiri dan berdiri diatas kaki sendiri. Jika tidak ingin tenggelam maka organisasi harus cepat terbentuk dan tersebar didaerah-daerah di seluruh Indonesia. Sejak berdiri spartacks sangat gencar dalam mengembangkan organisasi , dan sekarang sudah banyak terbentuk perwakilan atau jorong disetiap daerah.

Spartacks terlihat aktif merekrut anak-anak muda sampai ke mahasiswa dikampus, sebelum spartacks berdiri fbc tidak pernah melihat selebaran yang ditempel di mading kampus tentang info rekrutment anggota untuk the kmers. Selebaran spartacks-lah yang terlebih dahulu menyentuh area paling pontensial tersebut. Beberapa bulan setelah selebaran spartacks tersebut ditempel baru fbc lihat selebaran the kmers. Tentu ini sebuah kerugian bagi the kmers sebagai suporter yang lebih dahulu ada. Saat ini tidak mungkin jika satu orang merangkap jadi anggota the kmers dan spartacks. Karena spartaks lebih gencar merekrut maka spartacks-lah yang akan kebagaian lebih banyak.

Nah, menurut fbc selain faktor perkembangan organisasi diatas, ada hal yang paling penting dan sangat krusial di jaman teknologi informasi saat ini. Jika hanya membentuk organisasi di dunia nyata saja itu tidak cukup, teknologi informasi harus dimanfaatkan untuk mengangkat imej organisasi kepermukaan. Salah satu yang bisa  dimanfaatkan adalah jejaring sosial seperti facebook dan twitter, serta harus ada situs sebagai sumber informasi pendukung. Dikenal didunia online akan lebih mudah dikenal didunia nyata, setuju?

Selama ini fbc tidak melihat ada twitter atau facebook the kmers  yang benar-benar menunjukan bahwa mereka adalah the kmers. Yang selama ini terlihat hanya twitter dan facebook atas nama semen padang fc tidak jelas apakah itu milik klub atau suporter. Jika yang mengelola adalah the kmers maka akan sangat disayangkan sekali the kmers kurang  dikenal di komunitas online karena kurang menunjukan identitas yang unik did unia maya tersebut. Walaupun suporter yang berada dibawah manajemen semen padang, the kmers harus tetap menunjukan diri mereka di dunia nyata dan dunia maya sebagai the kmers, bukan sebagai semen padang fc. Belakangan ada akun twitter @thekmers dan @thetkmers_spfc namun followernya  sangat sedikit

Berbeda dengan the kmers, spartacks selain membentuk organisasi nyata, mereka berusaha membetuk komunitas yang kokoh di dunia maya. Mereka memiliki akun twitter dan facebook yang jelas yang menunjukan mereka adalah spartacks. Spartacks juga memiliki situs sendiri sehingga eksitensi mereka lebih terlihat di dunia maya.

Jika eksistensi didunia nyata kedua suporter ini memang telah terbukti selalu ada untuk semen padang fc.

Nah kembali membahas yang online, karena tidak begitu terlihatnya the kmers, maka untuk dunia maya ini kita lihat facebook dan twitter semen padang fc dengan facebook dan twitter spartacks. Disini juga terlihat betapa aktifnya spartacks dunia nyata dan maya. Bahkan sampai ke Wamena mereka ada dan melakukan live tweet pertandingan (karena tidak ditayangkan). Informasi realtime inilah yang sangat dibutuhkan para fans dan suporter. Terlebih jika tidak dapat melihat tayangan langsung di Antv.

Demikanlah ulasan singkat ini. Ulasan ini hanya opini fbc. Semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya sehingga the kmers dan spartacks bisa menjadi 2 kelompok suporter yang besar yang juga memberikan motivasi yang besar pula bagi semen padang fc. Sehingga semen padang bisa menjadi juara dan tim yang lebih disegani.







Sumber

1 comment:

  1. dah gabung gan.. hehehe joint balik ya... keren2 nich blog infonya

    ReplyDelete

Attention
Komentar anda sangat diharapkan agar blog ini menjadi blog yang lebih baik. dan diharapkan juga untuk Memberi Koment Yang Membangun, no spam

admin rustihell