Our social:

Saturday, November 20, 2010

Microsoft Merazia Software Bajakan

Microsoft terus menggiatkan upaya perang terhadap software bajakan di Indonesia. Kali ini, mystery shopper jadi pilihan jalan.

Teknis pelaksanaannya mirip razia secara tersembunyi.

Perwakilan Microsoft menyamar menjadi calon pembeli PC dan berkunjung ke dealer komputer secara acak di pusat-pusat perdagangan komputer. Sejumlah investigator swasta yang didampingi teknisi-teknisi software lalu akan melakukan verifikasi terhadap komputer yang dijual dengan sofware asli dan berlisensi.


Jika ternyata ditemukan dealer yang menjual komputer baru yang mengandung software bajakan, investigator yang menyamar sebagai mystery shopper tersebut akan melayangkan surat peringatan (legal letter). Surat itu dapat menjadi rujukan polisi dan Tim Hukum Microsoft untuk mengambil tindakan hukum.

Kalau enggan berurusan dengan pihak berwajib, dealer komputer dengan software bajakan yang tertangkap diharapkan mau memublikasikan permohonan maaf kepada masyarakat melalui media massa. Sebagai bagian dari proses penyelesaian, mereka juga harus berjanji untuk menjual PC dengan hanya software asli dan membayar kompensasi untuk biaya hukum.

Inisiatif Microsoft diharapkan dapat memberi dukungan kepada dealer-dealer komputer jujur yang saat ini telah menjual komputer yang di-install dengan hanya software asli. Berdasarkan survei investigator di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, dan Surabaya, jumlah dealer-dealer jujur mencapai 60%.

"Inisiatif ini berkesan sangat keras. Namun, mohon pahami alasan kami harus melakukannya," ujar Jonathan Selvasegaram, Regional Attorney yang mewakili Tim Hukum Microsoft di Singapura.

Menurut Jonathan, tahun ini Microsoft menerima 369 keluhan dari konsumen. Mereka melaporkan masalah dengan komputernya yang dibenamkan software bajakan. Para dealer jujur yang selama ini selalu membenamkan software asli juga mengeluh bahwa mereka tidak bisa bersaing dengan dealer yang menjual software bajakan. Jika Microsoft tidak melakukan inisiatif, konsumen akan menanggung akibatnya serta dealer-dealer jujur pun terancam bangkrut.

Dalam mystery shopping di pertokoan Mangga Dua – Jakarta baru-baru ini, Microsoft menemukan 12 dealer jujur. Kedua belas dealer yang kemudian diberi penghargaan ini yaitu: Agung Jaya Computer, Aneka Inti Makmur, CBM Computer, Giga Persada, Imperial Computer, Infonet/Logikreasi Informatika, Jess, PC Pro, Quantum Computer, Revolution Computer/GPL, Rusmin Computer/Rus Com, dan Software Boutique.

sumber : http://www.infokomputer.com

0 comments:

Post a Comment

Attention
Komentar anda sangat diharapkan agar blog ini menjadi blog yang lebih baik. dan diharapkan juga untuk Memberi Koment Yang Membangun, no spam

admin rustihell