Our social:

Sunday, January 2, 2011

Wikipedia Terima Donasi Rp.144 Miliar Di Tahun Baru

VIVAnews.com - Wikimedia Foundation mengawali tahun 2011 dengan keberhasilannya merengkuh dana segar untuk terus mendukung situs ensiklopedia online mereka: Wikipedia.

Menurut pendiri Wikipedia Jimmy Wales, ini merupakan salah satu penggalangan dana yang sukses karena jumlah dana yang terkumpul adalah jumlah terbesar, dan waktunya adalah paling singkat di bandingkan penggalangan dana sebelumnya.

Wikimedia berhasil meraih dana donasi sebesar  US$16 juta atau sekitar Rp 144 M untuk mendukung operasional Wikipedia dan situs-situs 'saudaranya'. Dana sebesar itu, berasal dari lebih 500 ribu pendonor dengan rata-rata besar donasi US$ 22 atau sekitar Rp 200 ribu.

"Penggalangan dana ini memperlihatkan sesuatu hal yang kami sukai dari proyek-proyek Wikimedia: orang-orang berkumpul, berkontribusi dengan apa yang mereka punya, dan bersama-bersama melakukan sesuatu yang menakjubkan," ujar Wales.

Wales kemudian mengenang perjalanan Wikipedia selama satu dekade terakhir, di mana penggalangan dana mereka yang pertama yang hanya merupakan upaya berskala komunitas untuk membelikan seorang sukarelawan mereka yang kemudian menjadi CTO, sebuah laptop baru.

Kini, memasuki usianya yang ke-10, donasi yang berhasil dikumpulkan Wikipedia akan dibelanjakan untuk membiayai server, bandwidth, perawatan, pengembangan, serta menggaji 50 karyawan mereka.

"Wikipedia adalah situs web kelima di dunia, dan kami cuma mengeluarkan biaya yang sedikit dibandingkan pembelanjaan situs-situs top lain."

Tentu saja, ini merupakan sesuatu yang cukup menggembirakan bagi Wikimedia, mengingat mereka sempat mengalami krisis dan diisukan hampir tutup, sebelum akhirnya mendapat bantuan dana dari Hewlett Foundation

0 comments:

Post a Comment

Attention
Komentar anda sangat diharapkan agar blog ini menjadi blog yang lebih baik. dan diharapkan juga untuk Memberi Koment Yang Membangun, no spam

admin rustihell