Our social:

Jumat, 05 Agustus 2011

Asal Mulanya Ramadhan

Ramadan (bahasa arab: رمضان‎ Ramaḍān, pengucapan bahasa arab: [rɑmɑˈdˤɑːn]) (dikenal juga dengan sebutan Ramadhan, Ramadan, Ramazan) yaitu bulan kesembilan dari kalender Islam, yang berlangsung selama 29 sampai 30 hari. Ramadhan adalah bulan puasa umat Islam, di mana muslim berpartisipasi untuk menahan diri dari makan dan minum selama siang hari dan dimaksudkan untuk mengajarkan muslim tentang akan kesabaran, kerendahan hati spiritualitas, dan ketundukan kepada Allah. Orang Muslim berpuasa karena Allah dan berdoa lebih banyak dari biasanya. Dibandingkan dengan kalender matahari, tanggal Ramadhan bervariasi, bergerak mundur sekitar sebelas hari setiap tahun, dan tergantung pada pergerakan bulan. Orang Muslim percaya Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, dan juga bulan di mana ayat-ayat pertama dari Al-Qur'an diturunkan kepada nabi Islam, Muhammad saw.

Asal Mula Ramadhan
Kata Ramadhan berasal dari akar bahasa arab ر م ﺿ, seperti dalam kata-kata "ramiḍa" atau "ar-ramaḍ" yaitu panas yang menyengat. Sebelum Islam, nama untuk bulan Ramadhan itu adalah Natiq dan jatuh pada musim yang hangat. Kata demikian dipilih, baik karena mewakili iklim asli pada bulan tersebut atau juga karena kondisi fisiologis yang dialami saat berpuasa. Dalam Al Qur'an, Allah berfirman bahwa "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa." (Al Baqarah: 183)

Awal Ramadhan
 
Hilal adalah penampakan bulan dengan mata telanjang yang paling awal terlihat menghadap kebumi setelah bulan mengalami konjungsi. Hilal merupakan kriteria hisab suatu awal bulan. Setelah tampak hilal, umat Islam biasanya dapat dengan aman memperkirakan awal Ramadhan.
Ada perbedaan pendapat mengenai hilal bulan Ramadhan setiap tahunnya. Ini dikarenakan penggunaan dua metode yang berbeda yaitu melalui Rukyah (melalui pandangan mata) dan Hisab (melalui perhitungan astronomi).
 
Aktivitas Selama Bulan Ramadhan
Shalat Tarawih
Selama bulan Ramadhan umat Islam akan memperbanyak ibadah. Selain menjalankan sholat wajib dalam islam juga dianjurkan untuk melakukan sholat tarawih. Dimana sholat tarawih adalah sholat sunah yang dilakukan khusus pada bulan Ramadhan saja. Shalat tarawih ini boleh dilakukan sendiri-sendiri atau juga berjamaah di masjid. Ada fakta menarik tdalam shalat tarawih ini, Rasulullah saw hanya pernah melakukan sholat secara berjamaah hanya sebanyak 3 kali saja. Rasul kemudian tidak melanjutkan pada malam-malam berikutnya karena khawatir umat Islam akan berpikir hal itu (sholat tarawih) diwajibkan.
Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar
Nuzulul Qur'an adalah malam dimana Al Qur'an pertama kali diturunkan. Pada saat tersebut surah Al-Alaq ayat 1-5 diturunkan ke nabi Muhammad saw yang sedang berada di gua Hira.  disini Terdapat perbedaan pendapat ulama mengenai tentang tanggal pasti Nuzulul Qur'an, namun banyak yang menyakini pada 17 Ramadhan terjadi Nuzulul Qur'an.
Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Seperti yang dinyatakan dalam Al-Quran surah Al-Qadr ayat 1-5:
1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur`an) pada malam kemuliaan.
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.
Lailatul Qadar diyakini berada di 10 malam terakhir bulan Ramadhan terutama pada malam ganjil.
"Rasulullah ShallAllahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda, yang artinya: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon" (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).
Zakat Fitrah
Zakat fitrah adalah kewajiban zakat yang dikeluarkan oleh umat muslim yang berkemampuan. Besarnya zakat fitrah yaitu sebesar satu sha' makanan pokok di daerah bersangkutan. Hal ini setara sekitar 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras. Ada 8 golongan penerima zakat fitrah yakni fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil.
Idul Fitri
Idul Fitri adalah hari raya setelah menuaikan ibadah bulan suci Ramadhan. Dan jatuh pada 1 Syawal. Pada pagi harinya dilaksanakan sholat Idul Fitri, biasanya ini dilakukan di tempat yang luas seperti di tanah lapang, atau bahkan jalan raya guna menampung banyak umat. Hukum dari shalat Idul Fitri ini adalah sunnah mu'akkad.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Attention
Komentar anda sangat diharapkan agar blog ini menjadi blog yang lebih baik. dan diharapkan juga untuk Memberi Koment Yang Membangun, no spam ya Gan

admin rustihell