Our social:

Wednesday, October 26, 2011

Bus Ini Yang Dibutuhkan Untuk Negara Macet Lalu lintas Kendaraan

Bus berkaki ini bentuknya lebih mirip kereta api cepat, tapi keistimewaan bus ini tidak hanya terletak pada bentuknya yang mengular, tapi juga kedua kakinya yang terbuka lebar membentuk terowongan besar di bawah badan bus yang bisa diterobos oleh kendaran lain. Bus cepat tiga dimensi, atau 3D Express Coach, ini adalah solusi yang diharapkan dapat mengatasi masalah kepadatan lalu lintas di jalan-jalan Beijing.

Bus inovatif ini memang khusus dirancang untuk menyelesaikan masalah sarana transportasi urban. Selama ini para perencana transportasi perkotaan berusaha mencari cara bagaimana mempercepat lalu lintas. Menambah lebih banyak bus hanya akan menambah kemacetan, belum lagi polusinya. Tapi membangun subway membutuhkan dana yang sangat besar dan perlu waktu bertahun-tahun untuk menggali dan membuat terowongan.

Bus cepat 3D ini adalah alternatif yang lebih murah, lebih ramah lingkungan, dan lebih cepat jika dibandingkan dengan membuat subway dan memperbanyak bus. Sepintas bus selebar 6 meter ini mirip bus Transjakarta karena memiliki jalur khusus dan halte bus berbentuk panggung tinggi untuk memudahkan penumpang memasuki kendaraan. Bedanya, jalur busway di Jakarta hanya dapat dilalui oleh Transjakarta, sedangkan bus ekspres 3D tidak memonopoli jalurnya, bahkan kendaraan lain bisa lewat di kolongnya.

Pertama kali dipamerkan dalam Beijing International High-tech Expo ke-13, Mei 2010 lalu, bus berbadan lebar ini akan diujicobakan di Distrik Mentougou, Beijing, pertengahan tahun 2011 ini. Bus yang diusulkan oleh Shenzhen Hashi Future Parking Equipment Co ini terdiri atas 4 gerbong, masing-masing sepanjang 10 meter, setinggi 4-4,5 meter dengan 2 level. Penumpang diangkut pada level teratas sedangkan level di bawahnya kosong dan dapat dilewati kendaraan lain yang tingginya di bawah 2 meter.

Bertenaga listrik dan energi surya, bus tersebut dapat melaju hingga 60 kilometer per jam, membawa 1.200-1.400 penumpang tanpa memblokade jalan kendaraan lain. Biaya pembangunan bus sekaligus jalur sepanjang 40 kilometer hanya 500 juta yuan atau sekitar Rp 682,6 miliar, hanya 10 persen daripada ongkos yang diperlukan untuk pembuatan subway dengan panjang jalur yang sama. Tak hanya ramah lingkungan, bus ini juga diklaim dapat mengurangi kemacetan hingga 20-30 persen.

Song Youzhou, Kepala Shenzhen Hashi Future Parking Equipment Co, menyatakan bus berkaki ini adalah transportasi umum yang ramah lingkungan bila dibandingkan dengan 4 tipe kendaraan umum di Cina lainnya, yaitu subway, light-rail train atau trem, bus rapid transit (BRT), dan bus biasa. “Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kelemahan,” kata Song Youzhou. “Subway, misalnya, membutuhkan dana besar dan pembangunannya lama, sedangkan BRT mengambil alih jalan dan menciptakan polusi udara maupun suara karena amat bising.”

Sebagai calon pengganti BRT dan subway di masa depan, bus berkaki ini mengkombinasikan kelebihan BRT sekaligus menghemat ruang jalan yang ada. Tinggi bus juga disesuaikan dengan tinggi jembatan (overpass) di Cina, sekitar 4,5-5,5 meter. “Inovasi bus berkaki ini adalah dia berjalan di atas mobil dan di bawah jembatan,” ujarnya. “Kelebihan terbesarnya adalah tidak mengurangi lebar jalan, efisien dan kapasitasnya tinggi. Bus ini juga memangkas kemacetan 25-30 persen di rute utama. Dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam, bus dapat mengangkut 1.200 orang, atau 300 penumpang per gerbong.”

Keunggulan lain bus berkaki ini adalah masa konstruksi yang singkat, hanya setahun untuk membangun rute sepanjang 40 km. Bandingkan dengan waktu pembangunan jalur subway sepanjang 40 km, yang membutuhkan sedikitnya 3 tahun. Bus ini juga tak memerlukan lahan parkir besar seperti bus biasa. Bus cepat 3D dapat diparkir di tempat pemberhentiannya tanpa mempengaruhi lalu lalang mobil lain. Interiornya pun dirancang dengan skylight besar untuk menghilangkan perasaan depresi ketika penumpang memasuki bus.

Rencana pengoperasian bus ini memperoleh dukungan kuat dari Zhang Wenbo, Direktur Science and Technology Committee, di Distrik Mentougou, Beijing. Dia mengatakan bus itu sejalan dengan konstruksi distrik tersebut sebagai sebuah area ekologi hijau yang membutuhkan transportasi efisien, biaya murah, serta rendah polusi dan karbon. “Bus itu dapat meningkatkan tingkat pemanfaatan lahan dan kapasitas transportasi jalan, sekaligus memulihkan kemacetan transportasi publik di kota besar,” kata Zhang.

Bus Cina yang memecahkan kemacetan lalu lintas dengan membiarkan Anda mengemudi di bawahnya!

Ini tentunya salah satu cara untuk mengalahkan kemacetan di  lalu lintas. Dinamakan '3 D Ekspres Coach ',inovatif desain ini diusulkan oleh perusahaan rekayasa Peralatan Shenzhen Parkir Huashi Masa Depan sebagai jawaban atas jalan yang penuh sesak di China. Dimana bus akan memungkinkan pengendara mobil untuk tetap melaju dibawah, sementara tingkat atas adalah penumpang bus.

sebuah bus listrik yang hampir 15 meter tinggi dan bertenaga surya. Ini akan dapat bergerak pada kecepatan hingga 37mph akan mampu membawa sebanyak 1.400 penumpang..

Diresmikan di Beijing International Expo 13 berteknologi tinggi pada bulan Mei, perusahaan desain di balik itu mengatakan bahwa hal itu akan mengurangi kemacetan hingga 30 persen. Sementara itu akan memakan biaya 500 juta yuan (4,6 juta) untuk membangun bus dan trek sepanjang yang akan digunakan, perusahaan mengklaim ini adalah setara dengan 10 persen dari biaya sistem kereta bawah tanah.

Mengendarai mobil di bawah lengkungan bus 'akan memperingatkan saat mereka berkendara. Radar scanner di dalam bus juga akan memperingatkan mobil jika mereka mengemudi untuk dekat dengan roda bus '.

"Bus 3D akan menggunakan tangga emergency mirip dengan pada pesawat penumpang dalam kasus darurat" Mr Youzhou berkata.

Sebuah skema percontohan untuk bus akan berlangsung di Beijing Mentougou Kabupaten, dengan konstruksi pada 186km pertama trek akan dimulai pada akhir tahun ini.

bagaimana, benar bukan bahwa bus ini sangat cocok untuk Indonesia, selain mengurangi macet juga mengurangi masyarakat untuk menaniki kendaraan pribadi di saat aktivitanya, dikarenakan bus ini relatif cepat dan nyaman.

31 comments:

  1. bagus banget artikelnya, sampe aq betah baca2nya., ditunggu kunjungan baliknya. Jangan lupa klik iklannya bentar, ntar aq klik balik..
    http://aries-sablon.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. iyaa gw setuju,kl di negara kite di bikin seprti itu..

    ReplyDelete
  3. haha...indonesia juga bisa buat yang kayak gto...otak orang indonesia tu kan lebih hebat dari cina, masa gak bisa buat yang lebih dari ini!! because moneay? bisa saja....:)

    ReplyDelete
  4. waaa canggih bangat,thanks 4 info :))

    ReplyDelete
  5. Wow... Kayak'nya sangat perlu nih buat Indonesia,,!!
    Solusi Kemacetan yg Bagus...

    Nice Info... Sukses !!

    ReplyDelete
  6. Salut...salut...
    dah saatnya sih negeriqta mikirin bikin kyk gtu, tp sukses gak ya
    proyek dimulai...sunatan kiri-kanan dimulai akhirnya malah mangkrak d tengah jalan kyk proyek monorel jakarta..
    y smoga saja bisa kewujud lah perbaikan moral d negeri ini biar gakktinggalan jauuuuh ama negara lain..
    Happy Blogging

    ReplyDelete
  7. thanks for info... so cool ^_^

    ReplyDelete
  8. Hmmm, salut sih salut, tapi kalo di terapkan di Indonesia apa bisa semulus teori?

    ReplyDelete
  9. lagi" cina
    indonesianya kapaannnn
    :D

    ReplyDelete
  10. Keren sobat infonya.Kira kira bagaimana ya jika dilakuakan di bangsa ini.Bisa atau tidak ya?Jadi anti macet kalau pake teori ini nih.Happy blogging.

    ReplyDelete
  11. Bisa gak Indonesia bikin yg kayak gtu?
    Sementara uangnya ditilep sama koruptor.

    ReplyDelete
  12. Bagus banget desainnya gann,, bwahnya bisa jdi trowongan mobil gtu,,,, Indonesia Pasti bisa maju gitu jika pemerintahnya gk ada dui terselubung -_-

    ReplyDelete
  13. Rancangan yang luar biasa, tapi belum disebutkan dan tidak diperlihatkan kalau bis ini belok bagaimana ya??? Karena dia lebar dan panjang sekali. Apa ada beberapa bagian yang seperti diberi per di beberapa bagian tengah badan bis???
    But, it is great idea ... nice job China

    ReplyDelete
  14. ck ck ck mas rusti ni emang aneh2 bin ajaib postingannya hehehe kalo bis kaya gitu brati bisa glantungan dibawahnya gak ya?:p ditunggu terus kelanjutannya yak :)

    ReplyDelete
  15. belum terealisasi kan sob,manteb juga desainnya

    ReplyDelete
  16. om san : hehehe...gelantungan gimana mas...kayak monyet donkz...wkwkwkw....

    Yolah : bener banget masih menggunakan per pada bagian tengah, trus sistem masih memakai sistem roda mas...

    ReplyDelete
  17. All mampir ya, lihat2 info. Mungkin ada yg minat ikutan http://kontes.comblang.in thanks....

    ReplyDelete
  18. mantab gan..nice posting support supportt

    ReplyDelete
  19. Mantab tu gan.... tapi akankah indonesia akan membangun...????

    Nah akan ada pertanyaan lagi jika indonesia akan membangun hal semacam ini. Akankah dananya akan 100% untuk pembangunan ataukah masuk kantong2 para bajingan negeri ini lagi....?????

    ReplyDelete
  20. semua keren dan yang pasti semua negara pengen yang terbaik buat
    rakyatnya,,,
    kapan ya aku jadi pengusaha .. hehhehe^_^_^

    ReplyDelete
  21. salah satu kreatifitas ide yang luarbiasa sebagai tawaran solusi kemacetan...kalau bisa terwujud barangkali bisa juga diterapkan di Indonesia :)

    ReplyDelete
  22. keren gan...
    follow and add blog saya :)

    ReplyDelete
  23. wahh keren banget ne designya sob, thanks ya info nya :D

    ReplyDelete

Attention
Komentar anda sangat diharapkan agar blog ini menjadi blog yang lebih baik. dan diharapkan juga untuk Memberi Koment Yang Membangun, no spam

admin rustihell