Our social:

Thursday, September 22, 2011

Rongsokan Satelit Berada di Ketinggian 170 Km dari Bumi

tribunnews.com : Professor astronomi dan astrofisika, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, memperkirakan satelit UARS akan menghantam bumi Jumat (23/9/2011) tengah malam ini.
Hingga Jumat pagi, posisi rongsokan satelit Upper Atmosphere Research Satelite itu berada di ketinggian 170 kilometer (km) di atas permukaan bumi. Namun menurut Thomas yang perlu diperhatikan adalah bilamana sampah angkasa itu mendekat ke ketinggian 120 km.

Thomas mengatakan tidak bisa memastikan waktu tepat rongsokan UARS menghantam bumi. Ini karena kecepatan jatuhnya satelit dipengaruhi oleh efek pengereman saat menembus atmosfer bumi. "Kecepatan berubah-ubah tergantung efek pengereman atmosfer," kata Thomas.

Dalam waktu satu hari rongsokan satelit telah menempuh sekitar 15 km semakin mendekat ke bumi. Menurut NASA (Badan antariksa AS) Kamis (22/9/2011) posisi UARS berada di ketinggian 185 km.
Seperti diberitakan NASA, memberikan peringatan bahwa satelit UARS yang sudah mati akan jatuh ke bumi dalam enam minggu ke depan ini. Kendati begitu, NASA belum bisa memprediksi tanggal yang tepat mengenai jatuhnya satelit ini.

UARS adalah satelit yang diluncurkan pada 15 September 1991 oleh pesawat luar angkasa Discovery dan diperkirakan masuk bumi pada akhir bulan ini atau awal Oktober mendatang. Satelit ini sudah tidak berfungsi sejak 14 Desember 2005 dan pada dasarnya didesain untuk misi selama tiga tahun.
Satelit ini memiliki panjang 11 meter dan diameter mencapai 4,5 meter. Meski satelit ini akan menjadi potongan-potongan terpisah saat masuk ke bumi, tidak semua bagian terbakar di atmosfer. UARS diperkirakan jatuh di rentang wilayah 57 derajat utara dan selatan. Indonesia yang berada di wilayah lintasan garis katulistiwa juga berpeluang menjadi lokasi jatuhnya UARS.

0 comments:

Post a Comment

Attention
Komentar anda sangat diharapkan agar blog ini menjadi blog yang lebih baik. dan diharapkan juga untuk Memberi Koment Yang Membangun, no spam

admin rustihell