Our social:

Monday, December 27, 2010

Waspadai 5 Penipuan Cyber di Akhir Tahun 2010

Dunia Cyber banyak memberi keuntungan dan kerugian, kehati-hatian diperlukan dalam mengenal dunia cyber, apalagi di zaman global ini sekarang dunia cyber adalah separuh kehidupan manusi. namun disamping itu kejahatan tidak hanyak dilakukan di dunia nyata, melainkan di dunia cyber . kejahatan di dunia cyber mendominansi sebagai penipuan yang menggunakan alat elektronik yang dapat merugikan seseorang, baik itu dalam jumlah yang besar maupun dalam jumlah yang banyak.


maka dari itu kita sebagai orang yang sering berkecimpungan didalam dunia cyber harus lebih extra hati-hati, apalagi semua data pribadi dan acoount penting kita ditaruh didalam dunia cyber.

FBI (Federal Bureau of Investigation), McAfee, Better Business Bureau dan F-Secure sejak dari sekarang sudah memperingatkan hal ini. Berikut adalah lima bentuk scam populer di musim liburan yang patut diwaspadai. kutipan ini saya ambil dari Detik.Net

1. Penawaran iPad Gratis

iPad telah menjadi umpan yang cukup ampuh untuk memikat konsumen. Siapa yang menolak diberi iPad? Seiring melonjaknya kepopuleran tablet PC keluaran Apple ini, kian banyak orang yang ingin memilikinya. Iklan penawaran iPad gratis sudah dilarang di Facebook, akan tetapi Anda masih mungkin melihat promo seperti ini di situs lain. Kebanyakan bentuk penipuan ini dikatakan firma antivirus McAfee, berupaya mendorong konsumen membeli sebuah produk untuk mendapat iPad gratis.

2. Voucher Hadiah

Mendapat kiriman gift card atau voucher hadiah di musim liburan memang menyenangkan. Tapi waspadalah, kegembiraan bisa jadi berbuah petaka andai kiriman tersebut ternyata penipuan. McAfee menyebutkan, para pelaku kejahatan cyber sengaja menjebak dengan cara seperti ini agar Anda memberikan informasi pribadi atau mengikuti kuis untuk menebus gift card tersebut. Nantinya, semua informasi yang Anda berikan akan dijual ke pemasar atau digunakan untuk pencurian identitas.

FBI juga mengingatkan untuk berhati-hati saat membeli voucher hadiah melalui situs lelang atau iklan baris karena voucher yang mereka jual bisa saja palsu. Saran terbaik adalah membeli voucher hadiah langsung dari retailer resmi.

3. Situs Lelang dan Iklan Palsu

Para pelaku kejahatan cyber biasanya membuat situs palsu untuk mendapatkan rincian pembayaran dari para pembeli hadiah liburan. Nantinya, mereka akan menagih ke kartu kredit korban. Untuk menghindarinya, pastikan Anda hanya menggunakan layanan pembayaran resmi seperti Paypal.

4. Website Berisi Program Jahat

Menebar spam di mesin pencarian Google dengan halaman palsu berisi hadiah liburan merupakan tradisi tahunan para pelaku kejahatan cyber. Halaman ini biasanya sudah disusupi form pembayaran palsu yang bertujuan mencuri identitas Anda.

Firma keamanan internet dan komputer F-Secure telah membuat daftar pencarian internet yang patut diwaspadai tahun ini diantaranya, Kinect untuk Xbox, Call of Duty: Black Ops, Kindle Amazon dan iPad Apple. Anda disarankan langsung mengunjungi website retailer produk yang bersangkutan dan gunakan software keamanan internet jika Anda harus selalu mengecek 'https' di bar URL sebelum memesan barang secara online guna memastikan halaman yang dikunjungi benar-benar aman.

5. Hacker WiFi

McAfee mencatat, jaringan WiFi publik akan dikerahkan di musim liburan ini, mengingat akan ada banyak orang yang berpergian. Anda bisa mengikuti beberapa tips keamanan WiFi publik. Tapi saran terbaik adalah, hindari berbelanja dan membayar tagihan melalui online menggunakan jaringan WiFi publik.


0 comments:

Post a Comment

Attention
Komentar anda sangat diharapkan agar blog ini menjadi blog yang lebih baik. dan diharapkan juga untuk Memberi Koment Yang Membangun, no spam

admin rustihell