Our social:

Jumat, 21 Oktober 2011

Makan Di Depan Komputer Dapat Menggemukan Badan


Banyak dari kita bersalah atas hilangnya akal ketika satu tangan memegang kue dan tangan lainnya mengetik komputer. Seperti juga menyimpan makanan di atas meja kerja, atau di laci meja. Rata-rata kelakuan ini dilakoni oleh perempuan, dikarena untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu mereka mengalami lapar disaat sore hari.

Kini para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa makan di meja kerja membuat seseorang makin menyukai makanan ringan sepanjang hari. Pada eksperimen yang dilakukan oleh tim peneliti, responden yang matanya terpaku di layar komputer saat sedang makan merasa tidak begitu kenyang dibandingkan dengan mereka yang berkonsentrasi pada makanannya.

Para peneliti dari Universitas Bristol meneliti cara memori dan perhatian dalam mempengaruhi nafsu makan. Mereka meminta satu kelompok partisipan untuk makan pada saat jam makan siang dengan sembilan menu berbeda sambil bermain solitaire di depan komputer.Kelompok kedua diberi makanan yang sama tetapi tanpa solitaire.

Ternyata, setelah ditanya, kelompok yang bermain solitaire merasa kurang kenyang. Dampaknya berlangsung lama, hingga satu setengah jam kemudian partisipan yang makan sambil main solitaire mengambil biskuit coklat dua kali lebih banyak dibandingkan partisipan yang tak main game.


Pada akhir pengujian itu, partisipan yang main game ternyata lebih sulit untuk mengingat urutan kudapan yang mereka santap.

Para ilmuwan mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa gangguan seperti main game dapat memicu penambahan jumlah makanan sepanjang hari dan bisa berdampak signifikan pada obesitas.

Pemimpin studi itu, Dr Jeff Brunstrom mengatakan "Hasil penelitian ini juga menambahkan bukti dari laboratorium bahwa kognisi, memori, dan perhatian secara khusus, memainkan peran dalam menentukan nafsu makan dan porsi makanan pada manusia," terang ketua tim peneliti,

"Kenyataannya memori membantu kita bahkan tanpa berpikir. Memori membantu kita mengingat bagaimana berjalan ke tempat kerja. Kami mencoba untuk memperkirakan bahwa hal itu juga berdampak pada nafsu makan." Penelitian sebelumnya mencatat dampak yang sama pada orang yang makan sambil menonton televisi

Dari berbagai penelitian sebelumnya juga telah terlihat bahwa stres di lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pola makan seseorang. University of Leeds, misalnya, mendapati bahwa meskipun Anda makan lebih sedikit ketika sedang stres, Anda cenderung akan sering ngemil. Cemilan yang dipilih pun cenderung tinggi kandungan gula dan lemaknya.

Menurut penelitian medis, bahwa perempuan sebenarnya tidak sesering pria yang menikmati makan siangnya di meja kerja. Meskipun begitu, pilihan makanan perempuan sangat lebih banyak dipengaruhi oleh stres dan jam kerja yang panjang. Hal inilah yang membuat mereka lebih sering ngemil.

28 komentar:

  1. is this fact ??? any research has been done on this theory ??

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus, tempat makan favorit saya juga di depan monitor komputer :)

    BalasHapus
  3. iya sob, terkadang saya juga kaya gitu...

    BalasHapus
  4. like it..artikel yg bagus....

    BalasHapus
  5. ha,benda ni betul.makan depan tv/comp mmg boleh mgemokkan sb dlm tak sedar kita akan main bedal je makan tanpa lihat.

    BalasHapus
  6. owh gitu toh,, tapi tergantung apa yg kita makan gan. kalo emang makanannya mengandung lemak pasti bisa bikin gemuk..

    BalasHapus
  7. menggemukkan kalau yang di akan full karbo, full gula :D
    kalau yg d makan yg byk vitamin n protein malah menyehatkan.
    hihii..
    berkunjung :)
    sala blogger :)

    BalasHapus
  8. terima kasih atas tips nya sobat,, sangat bermanfaat buat orang2 yg tidak tau tentang kesehatan termasuk saya juga,, salam kenal and happy blogging sobat

    BalasHapus
  9. Nice info... makan didepan komputer.. memang kadang tidak terasa.. saking asyiknya :) Peace

    BalasHapus
  10. padahal ane sering banget makan di depan laptop :D *gemuk deh jadinya*

    BalasHapus
  11. Bagi yang kurus-kurus bisa ambil tips dari sini mudah tanpa oba-obat kimia.

    Happy blogging kawan.

    BalasHapus
  12. masuk akal juga sih, boleh di coba nih.

    Thanks artikelnya ya sob ^_^

    BalasHapus
  13. Orang yang asyik di depan komputer akan memiliki aktivitas fisik yang terbatas. Bahkan untuk kewajiban berolahraga. Hhehe

    Semangat
    http://medicalera.com/info_answer.php?thread=15756

    BalasHapus
  14. kena deh saya hehehe nice info mas

    BalasHapus
  15. Hmmm... thanx infonya and happy blogging

    BalasHapus
  16. Wah, ane kurus gan, mungkin bisa buat ane ini mah... hehehe...

    Nice Info...

    BalasHapus
  17. wah,,,gw sering makan di depan komputer tapi gak gemuk-gemuk yaaa T_T
    http://ilmu-tidakhabis.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. mkcih gan atas ilmunya''''''''''''

    BalasHapus
  19. ASAL JGN MAKAN BANYAK AJA..

    BalasHapus
  20. maklumat yang menarik, tp apsal saya tak juga gemuk2.

    BalasHapus
  21. Tips yang sangat sempurna, ma kasih infonya

    BalasHapus

Attention
Komentar anda sangat diharapkan agar blog ini menjadi blog yang lebih baik. dan diharapkan juga untuk Memberi Koment Yang Membangun, no spam ya Gan

admin rustihell